PENERAPAN MODEL MASTERY LEARNING (BELAJAR TUNTAS) MELALUI KELOMPOK BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MUHAJIRIN KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Siti Hasnah, (2011) PENERAPAN MODEL MASTERY LEARNING (BELAJAR TUNTAS) MELALUI KELOMPOK BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MUHAJIRIN KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011764.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah “Untuk mendeskripsikan Penerapan Model Mastery Learning (Belajar Tuntas) melalui Kelompok Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Muhajirin Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan dalam pembelajaran di kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII, sedangkan objeknya adalah Model Mastery Learning (Belajar Tuntas) melalui Kelompok Belajar dan hasil belajar matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar matematika siswa berupa kuis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Berdasarkan analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa yang signifikan setelah Penerapan Model Mastery Learning (Belajar Tuntas) melalui Kelompok Belajar dibandingkan sebelum dilaksanakan Penerapan Model Mastery Learning (Belajar Tuntas) melalui Kelompok Belajar, dengan rata-rata sebelum tindakan 55,83 dengan ketuntasan secara klasikal 20,83% dan setelah tindakan siklus 1 dengan rata-rata 70,20, ketuntasan klasikal 70,83%, siklus 2 dengan rata- rata 80,41, ketuntasan klasikal 91,66%. Sedangkan indikator keberhasilan belajar siswa ada 65. Maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Mastery Learning (Belajar Tuntas) melalui Kelompok Belajar dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Muhajirin Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segi Empat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:18
Last Modified: 18 Jan 2016 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item View Item