PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Ernita, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011763.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran picture and picture pada kelas II MI Muhammadiyah Simpang Kubu Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar siswa kelas II MI Muhammadiyah Simpang Kubu Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan- tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Muhammadiyah Simpang Kubu Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 39 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas II MI Muhammadiyah Simpang Kubu Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok bangun datar di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya 46,15%, sedangkan hasil belajar setelah tindakan (ulangan siklus II) adalah 87,18%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok bangun datar di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:15
Last Modified: 18 Jan 2016 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1289

Actions (login required)

View Item View Item