RAVITEL YAYANG SAHENA (2018) PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN THE WEBS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018442PGMI.pdf Download (987kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018442PGMI.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018442PGMI.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018442PGMI.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018442PGMI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018442PGMI.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018442PGMI.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018442PGMI.pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018442PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018442PGMI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018442PGMI.pdf Download (457kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan strategi permainan the webs di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyah Pekanbaru. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya siswa kurang serius dalam mengikuti pelajaran, kurang menjawab pertanyaan ketika guru bertanya dan kurang mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi permainan the webs dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian analisis data menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum tindakan hanya 43% atau masih tergolong “Sedang”. kemudian setelah diterapkan strategi permainan the webs pada siklus I, motivasi belajar siswa meningkat menjadi 60% atau tergolong “Tinggi”. kemudian pada siklus II motivasi belajar siswa semakin meningkat menjadi 89% atau tergolong “Sangat Tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi permainan the webs dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyah Pekanbaru. Kata Kunci : Strategi Permainan The Webs, Motivasi Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 25 Apr 2019 05:53 |
Last Modified: | 25 Apr 2019 05:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12875 |
Actions (login required)
View Item |