PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) MODEL SNOW BALLING UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS HUBBUL WATHAN RIMBA MELINTANG

Irma Yunita, (2011) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) MODEL SNOW BALLING UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS HUBBUL WATHAN RIMBA MELINTANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011760.pdf

Download (659kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs hubbul wathan Rimba Melintang melalui Penerapan strategi belajar aktif model Snow Balling. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah Penerapan strategi belajar aktif model Snow Balling dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA MTs hubbul wathan Rimba Melintang, pada pokok bahasan Lingkaran?” Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu dimana guru yang menerapkan model pembelajaran dan peneliti yang melakukan observasi berdasarkan aspek yang terdapat dalam strategi yang digunakan. Siswa kelas VIIIA MTs hubbul wathan Rimba Melintang yang berjumlah 30 orang, dijadikan responden dalam penelitian ini. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, dan data kemudian dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan, diperoleh hasilnya secara klasikal dengan rata-rata 58,66% Sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: siklus I 66% dan siklus II 67,83% Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan Strategi Belajar Aktif Model Snow Balling dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs hubbul wathan Rimba Melintang. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas VIII, setelah tindakan. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan secara individual dari 30 siswa, diperoleh 23 siswa tuntas dan 7 siswa yang belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal adalah 76,67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:13
Last Modified: 18 Jan 2016 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1287

Actions (login required)

View Item View Item