Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA RUMBIO KECAMATAN KAMPAR

Efrinaldi (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA RUMBIO KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011756.pdf

Download (966kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Di samping itu, strategi mengajar yang diterapkan oleh guru belum bisa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran synergetic teaching pada materi pecahan kelas V MIS Rumbio Kecamatan Kampar. Rumusan masalahnya adalah: “Bagaimanakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Synergetic Teaching pada materi pecahan di kelas V MIS Rumbio Kecamatan Kampar”? Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Class Room Research, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk memberikan informasi bagaimana tindakan yang tepat untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas yang diteliti. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes berbentuk soal essay, yang dilakukan diakhir pembelajaran setiap kali pertemuan. Analisis ketuntasan berdasarkan indikator pemecahan masalah sebelum tindakan, diperoleh hasilnya dengan rata-rata sebagai berikut: indikator 1 = 55.5%, indikator 2 = 58.9%, indikator 3 = 53.5%, indikator 4 = 50.9%, indikator 5 = 54.2%, indikator 6 = 45.5%, indikator 7 = 49.6%. Sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: indikator 1 = 66.9%, indikator 2 = 68.6%, indikator 3 = 74.4%, indikator 4 = 70.7%, indikator 5 = 66.2%, indikator 6 = 74.1%, dan indikator 7 = 71.3%. Untuk ketuntasan klasikal sebelum tindakan adalah 42.86%, dan setelah siklus II adalah 78.57%. Maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran synergetic teaching di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:13
Last Modified: 18 Jan 2016 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1286

Actions (login required)

View Item View Item