SAID RIZKY SAPUTRA SATRIA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018417PMT.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018417PMT.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018417PMT.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018417PMT.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018417PMT.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018417PMT.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018417PMT.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018417PMT.pdf Download (681kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018417PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018417PMT.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018417PMT.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa SMP Negeri 25 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelasVII SMP Negeri 25 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 6 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ditinjau dari pengetahuan awal matematika. Instrumen pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two Factorial design). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. (2) Tidak terdapat perbedaan pengetahuan awal matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Terdapat kontribusi antara pengetahuan awal matematika dengan pemecahan masalah matematis. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal matematika terhadap pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian secara umum model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berpengaruh terhadap pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa SMP Negeri 25 Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pengetahuan Awal Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 Apr 2019 04:33 |
Last Modified: | 24 Apr 2019 04:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12848 |
Actions (login required)
View Item |