PENGARUHRASA PERCAYADIRI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAMIC SCHOOL TUAH DUA PEKANBARU

BASRI, (2018) PENGARUHRASA PERCAYADIRI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAMIC SCHOOL TUAH DUA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018409PAI.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018409PAI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018409PAI.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018409PAI.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018409PAI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018409PAI.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018409PAI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018409PAI.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018409PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018409PAI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018409PAI.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran bahwa rasa percaya diri mempengaruhi aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh rasa percaya diri terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islamic School Tuah Dua Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Islamic School Tuah Dua Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini pengaruh rasa percaya diri terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diSekolah Menengah Pertama Islamic School Tuah Dua Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX Sekolah Menengah Pertama Islamic School Tuah Dua Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 orang. penarikan sampel menggunakan penelitian populasi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan angket yang disusun dengan menggunakan skala Likert. Setelah data terkumpul kemudian di analisa secara kuantitatif dengan persentase dan analisis korelasi. Teknik korelasi yang di gunakan adalah Korelasi Product Moment. Setelah data disajikan dan di analisis, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Rasa percaya diri siswa tergolong baik dengan persentase sebesar 79,6 %. 2)Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong tinggi dengan persentase sebesar 78,1%.3) Terdapat pengaruh rasa percaya diri terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah menengah PertamaIslamic School Tuah Dua Pekanbaru, dengan koefesien korelasi sebesar 0,691 yang jauh lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% (0.325) maupun 1% (0.418) . Dengan demikian hipotesis alternatif yang berbunyi Ada pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islamic School Tuah Dua Pekanbaru, diterima. . Hal ini mengandung arti bahwa semakin tinggi rasa percaya diri maka semakin baik aktivitas belajarnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, demikian sebaliknya bahwa semakin rendah rasa percaya diri maka semakin tidak baik aktivitas belajarnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun besarnya pengaruh variabel rasa percaya diri terhadap variabel aktivitas belajar siswa sebesar 47,75%, sedangkan selebihnya yakni 52,25% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Rasa Percaya Diri, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 24 Apr 2019 03:15
Last Modified: 24 Apr 2019 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12839

Actions (login required)

View Item View Item