ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN ABSTRAKSI KIMIA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA

EFRIDA NOVIA, (2018) ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN ABSTRAKSI KIMIA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018391PK.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018391PK.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018391PK.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018391PK.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018391PK.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018391PK.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018391PK.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018391PK.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018391PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018391PK.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018391PK.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Kemampuan abstraksi kimia merupakan hal yang penting untuk dianalisis, karena berkaitan erat dengan gaya kognitif siswa. Kemampuan ini diduga dapat mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hubungan antara kemampuan abstraksi kimia dengan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia kelas X IPA 2 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar yang berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes subjektif berupa soal esai, dan wawancara terkait tentang kemampuan abstraksi kimia siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang siginifikan antara kemampuan abstraksi kimia siswa dengan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia kelas X IPA 2 Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar. Hal ini dapat dilihat dari jumlah rxy > rtabel (0,708 > 0,433 dan 0,708 > 0,549, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% dengan df = n-2), dimana Ha diterima dan Ho ditolak. Namun demikian, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kemampuan abstraksi siswa kelas X IPA 2 Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar masih tergolong rendah, sehingga dipandang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk meningkatkan kemampuan abstraksi kimia siswa dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Kemampuan Abstraksi, Hasil Belajar, Ikatan Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:25
Last Modified: 23 Apr 2019 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12821

Actions (login required)

View Item View Item