EFEKTIVITAS RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TELEKOMUNIKASI PEKANBARU

INDRI RESKIANA, (2018) EFEKTIVITAS RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TELEKOMUNIKASI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. COVER_2018389KI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN_2018389KI.pdf

Download (570kB)
[img] Text
3. ABSTRAK_2018389KI.pdf

Download (439kB)
[img] Text
4. PENGHARGAAN_2018389KI.pdf

Download (379kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI_2018389KI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
6. BAB I_2018389KI.pdf

Download (498kB)
[img] Text
7. BAB II_2018389KI.pdf

Download (510kB)
[img] Text
8. BAB III_2018389KI.pdf

Download (618kB)
[img] Text
9. BAB IV_2018389KI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text
10. BAB V_2018389KI.pdf

Download (335kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018389KI.pdf

Download (336kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas rational emotive behavior therapy dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan self esteem siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode eksperimental pola one group pre-test dan post-test design dengan struktur “O1 x O2”. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian adalah efektivitas rational emotive behavior therapy dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan self esteem siswa di SMP Telekomunikasi Pekanbaru. Sampel diambil sebanyak 10 orang siswa yang memiliki self esteem rendah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti memberikan treatment kepada 10 orang siswa yang dilakukan sebanyak 6 kali dengan pendekatan rational emotive behavior therapy dalam layanan konseling kelompok. Teknik pengumpulan data pre-test dan post-test dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Kemudian data post-test seletah diberikan perlakuan rational emotive behavior therapy dalam layanan konseling kelompok dianalisis dengan teknik T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rational emotive behavior therapy dalam layanan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan self esteem siswa di Sekolah Menengah Pertama Telekomunikasi Pekanbaru hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai T-test=9.832 sedangkan ttabel=2.26 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis tersebut diketahui bahwa thitung>ttabel (9.832>2.26). Kata Kunci: Efektivitas, Rational Emotive Behavior Therapy, Layanan Konseling Kelompok, Self Esteem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 23 Apr 2019 06:34
Last Modified: 23 Apr 2019 06:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12819

Actions (login required)

View Item View Item