PENERAPAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH TANJUNG BELIT KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Sri Wardani Parma, (2011) PENERAPAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH TANJUNG BELIT KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011745.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Muhammadiah Tanjung Belit kecamatan Kampar kabupaten Kampar, Melalui penerapan strategi Catatan Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan–kekurangan dalam pembelajaran di kelas yaitu salah satunya meningkatkan hasil belajar matematika dan menyamaratakan kemampuan siswa di kelas, dengan cara melakukan tindakan–tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik–praktik pembelajaran dikelas secara lebih professional . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs muhammadiah tanjung belit Kecamatan Kampar kabupaten Kampar, Pada smester genap tahun ajaran 2010/2011. Pokok bahasan yang digunakan adalah lingkaran. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. peneliti bertindak sebagian pelaksnaan tindankan sedangkan observernya adalah salah satu dari guru MTs Muhammadiah, yang diamati yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan keadaan siswa. data tentang hasil belajar diperoleh melalui lembaran tes hasil belajar matematika di setiap akhir pertemuan. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi catatan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs muhammadiah tanjung belit kecamatan Kampar kabupaten Kampar. ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada pertemuan awal ( sebelum tindakan) ketentuan klasikal 55,5 % sedankan dengan penerapan strategi catatan terbimbing pada siklus I ketentuan klasikal yang dicapai siswa 59,26%, pada siklus II ketentuan klasikal 70,07 % dan pada siklus III ketuntasan klasikal adalah 84,61%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:09
Last Modified: 18 Jan 2016 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item