PEMIKIRAN IKATAN CENDEKIAWAN MUSLIM SE-INDONESIA (ICMI) ORGANISASI WILAYAH RIAU DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA

Bangkit Baik Nasution, (2011) PEMIKIRAN IKATAN CENDEKIAWAN MUSLIM SE-INDONESIA (ICMI) ORGANISASI WILAYAH RIAU DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201124.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

ICMI Organisasi Wilayah Riau adalah wadah atau organisasi cendekiawan muslim yang menghimpun berbagai unsur cendekiawan dari berbagai kalangan masyarakat yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap persoalan/nasib rakyat dan bangsanya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemikiran ICMI Organisasi Wilayah Riau dalam meningkatkan sumber daya manusia dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pemikiran ICMI Organisasi Wilayah Riau dalam meningkatkan sumber daya manusia. Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dengan kata-kata atau kalimat, dipisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Dari hasil penelitian di lapangan dapat dilihat bahwa pemikiran ICMI Organisasi Wilayah Riau dalam meningkatkan sumber daya manusia melalui hasil-hasil pemikiran ICMI Organisasi Wilayah Riau sudah berpengaruh terhadap masyarakat, karena hasil-hasil pemikiran dalam bidang pendidikan dan perekonomian telah berkembang ditengah-tengah masyarakat luas. Hal-hal pemikiran ini diwujudkan dalam bentuk mendirikan lembaga pendidikan, meningkatkan perekonomian masyarakat dengan berdirinya PT. Bank Muamalat Indonesia (BMI), berdirinya lembaga keuangan Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK), berdirinya lembaga keuangan Baitul Maal wat Tamwil (BMT), berdirinya lembaga Alisa “Khadijah”. Faktor pendukung yang ada dalam pelaksanaan kegiatan ICMI dalam meningkatkan sumber daya manusia seperti adanya kerjasama dari Pemerintah Daerah Provinsi Riau, dukungan dari pengurus ICMI melalui pendanaan maupun pemikiran. Namun demikian factor penghambat yang ada seperti disebabkan keaktifan dari pengurus-pengurus ICMI masih kurang. Hal ini menjadi faktor penghambat terlaksananya program-program ataupun kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan, dalam mencapai tujuan organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Dec 2015 04:06
Last Modified: 23 Dec 2015 04:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item