PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 PEKANBARU

LAMSARIA RAMBE, (2018) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018370PAI.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018370PAI.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018370PAI.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018370PAI.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018370PAI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018370PAI.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018370PAI.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018370PAI.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018370PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018370PAI.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018370PAI.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Keterampilan Mengajar Guru (variabel bebas/indevenden atau variabel X) yang mempengaruhi dan Minat Belajar Siswa (variabel dependent/terikat atau variabel Y) yang dipengaruhi. Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Populasinya adalah 385 orang siswa, karena banyaknya jumlah populasi, penulis melakukan penarikan sampel, penarikan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak. Jadi, total keseluruhan sampel dalam penelitian ini adalah 77 orang siswa. Dan metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah tekhnik korelasi Product Moment.Berdasarkan hasil korelasi dari nilai Keterampilan Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 21 Pekanbaru diperoleh nilai r hitung sebesar 0,903> dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% (0,244) maupun pada taraf signifikan 1% (0,291). Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan Keterampilan Mengajar Guru terhadap Minat Belajar Siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Sedangkan kontribusi atau sumbangan variabel independen (Keterampilan Mengajar Guru) terhadap variabel dependen (Minat Belajar siswa) sebesar 81,6%, sedangkan sisanya sebesar 18,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 23 Apr 2019 04:33
Last Modified: 23 Apr 2019 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12798

Actions (login required)

View Item View Item