Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Ifni (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011715.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs PP-MTI Tanjung Berulak? Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak kecamatan kampar kabupaten kampar tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Objek penelitian adalah peningkatan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, tes belajar siswa dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang hasil belajar siswa yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan rincian satu kali pertemuan tanpa tindakan dan tiga kali pertemuan dengan penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Strategi Think Talk Write (TTW). Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Strategi Think Talk Write (TTW). Dapat dilihat dari ketuntasan klasikal sebelum tindakan lebih kecil dari ketuntasan klasikal setelah tindakan. Adapun target yang peneliti tetapkan dalam penelitian ini, ketuntasan individu adalah 60% dan ketuntasan klasikal 75%. berdasarkan hasil analisis, ketuntasan klasikal sebelum tindakan 48,31 %. Setelah tindakan pada siklus I 61,29% dan ketuntasan klasikal pada siklus II 70,97%, sedangkan pada siklus III 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 02:28
Last Modified: 18 Jan 2016 02:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1276

Actions (login required)

View Item View Item