PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN KELURAHAN SAIL KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU

Armi Rahman, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN KELURAHAN SAIL KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011691.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas IV Madarasah Ibtidaiyah Ar-rahman Pekanbaru melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Tutor Sebaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ar- rahman pekanbaru tahun ajaran 2010 / 2011 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan tutor sebaya di kelas IV MI Ar-rahman pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Dan siklus dua terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar Penelitian Tindakan Kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang menggangu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan – tahapan yang dilalui dalam Penelitian Tindakan Kelas, yaitu Perencanaan / Persiapan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ar- rahman pekanbaru. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya 53,84%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan. Dari penjelasan diatas menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ar-rahman pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 02:26
Last Modified: 18 Jan 2016 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1275

Actions (login required)

View Item View Item