PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP ANDALAN NEGERI PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN

Nurziana Ningsih, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP ANDALAN NEGERI PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011690.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIA SMP Andalan Negeri Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan melalui penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah ”Bagaimanakah terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir di kelas VIIIA SMP Andalan Negeri Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dengan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Andalan Negeri Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan yang berjumlah 28 orang, dan objeknya adalah kemampuan pemecahan masalah dengan penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes soal-soal matematika yang berbentuk pemecahan masalah. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran, setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal sesuai dengan indikator pemecahan masalah, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan dengan ketuntasan klasikal 60,7%, sedangkan ketuntasan klasikal setelah tindakan pada setiap siklusnya yaitu: siklus I = 67,8%, siklus II = 75%, dan siklus III = 82,1%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada aspek pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas VIIIA SMP Andalan Negeri Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan setelah tindakan. Dari analisis ketuntasan secara individual dari 28 siswa, diperoleh 23 siswa tuntas dan 5 siswa yang belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal adalah 82,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 02:25
Last Modified: 18 Jan 2016 02:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item View Item