PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS (PERTANYAAN DARI SISWA) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SUNGAI TONANG KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Muhammad Yatim, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS (PERTANYAAN DARI SISWA) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SUNGAI TONANG KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011688.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara setelah diterapkan model pembelajaran questions students have ( pertanyaan dari siswa ). Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas XI IPS melalui model pembelajaran questions studenst have di Madrasah Aliyah Sungai Tonang Kecamatan Kampar utara pada pokok bahasan Peluang?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Sungai Tonang 21orang dan objek penelitian ini adalah Peningkatan Motivasi Belajar Matematika melalui model pembelajaran questions students have Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi belajar matematika, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 5 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan model pembelajaran questions students have dan empat pertemuan lagi menerapkan model questions students have untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa maka data tersebut dianalisis dengan memperhatikan indikator motivasi belajar siswa sebelum tindakan dengan sesudah tindakan dengan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran questions students have Adapun indikator motivasi dari siklus I , II , III , IV dan V berturut – turut 20% 32,4% ,35,0% ,40,1%, 65,9%. Berdasarkan hasil analisis data dari observasi tersebut , diambil kesimpulan yaitu terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas XI melalui model penerapan pembelajaran Questions students have (pertanyaan dari siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 02:22
Last Modified: 18 Jan 2016 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item View Item