PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs DARUN NAIM SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Syaifullah, (2011) PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs DARUN NAIM SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011674.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Darun Naim Simpang Kubu Kecamatan Kampar pada pokok bahasan aritmatika dengan penerapan Strategi The Power of Two. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 17 perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi The Power of Two untuk meningkatkan aktivitas belajar Matematika siswa kelas VII MTs Darun Naim Simpang Kubu. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila siswa yang memiliki keaktifan belajar yang tinggi di dalam belajar Matematika mencapai 75%. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan- tahapan yang dilalui dalam Penelitian Tindakan Kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil analisis data tentang aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung serta data tentang hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan Strategi the power of two, peningkatan aktifitas siswa pada siklus I yaitu jumlah skor adalah 254, rata-rata skor yaitu 50,8 dan rata-rata persentase adalah 60,5% sedangkan pada siklus II jumlah skor adalah 325,5, rata-rata skor yaitu 65,1 dan rata-rata persentase adalah 77,5%. Dan dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi the power of two dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika siswa kelas VII MTs Darun Naim Simpang Kubu Kabupaten Kampar semester genap tahun pelajaran 2010/2011 pada materi pokok bangun datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 02:22
Last Modified: 18 Jan 2016 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item View Item