PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KABUPATEN KAMPAR

Yusuf, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011673.pdf

Download (803kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan strategi pembelajaran kooperatif True or False di kelas IV MI Muhammadiyah Simpang Kubu Kabupaten Kampar. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Simpang Kubu Kabupaten Kampar tahun ajaran 2010/2011. Jumlah siswa yang dijadikan subjek penelitian ini sebanyak 24 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe True or False pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan- tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila siswa yang memiliki hasil belajar yang tinggi di dalam belajar matematika dengan menggunakan pemberian tugas mencapai nilai minimal 65. Dan secara klasikal mencapai 75% dari seluruh siswa memperoleh nilai minimal 65. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran aktif teknik true or false dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok pecahan di kelas IV MI Muhammadiyah Simpang Kubu Kabupaten Kampar pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Pada skor dasar hasil belajar yang diperoleh yaitu sebanyak 11 orang yang mencapai KKM atau 45,83% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 59,38. Pada siklus I hasil belajar matematika yang diperoleh siswa adalah jumlah siswa yang mencapai ketuntasan dalam belajar adalah sebesar 66.25%. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 70,83% atau 17 orang yang mencapai KKM dan dikategorikan tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II sebanyak 21 orang yang mencapai KKM dengan persentase ketuntasan sebesar 87,5%. Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa pembelajaran aktif teknik true or false dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok pecahan di kelas IV MI Muhammadiyah Simpang Kubu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 02:19
Last Modified: 18 Jan 2016 02:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item