UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW) DENGAN PENDEKATAN TSOS (THREE STAY ONE STRAY) SISWA KELAS VIII1 MTs PP. HIDAYAT MA’ARIFIYAH PANGKALAN KERINCI PELALAWAN

Arman, (2011) UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW) DENGAN PENDEKATAN TSOS (THREE STAY ONE STRAY) SISWA KELAS VIII1 MTs PP. HIDAYAT MA’ARIFIYAH PANGKALAN KERINCI PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011652.pdf

Download (957kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika. "Bagaimana penerapan strategi PQ4R dengan pendekatan TSOS dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan kubus dan balok siswa kelas VIII1 MTs PP. Hidayatul Ma’rifiyah Pangkalan Kerinci Pelalawan?". Dimana penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya yaitu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan menyamaratakan kemampuan siswa di kelas, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 Mts PP.Hidayatul Ma’arifiyah Pangkalan Kerinci Pelalawan pada semester genap tahun ajaran 2009/2010. Instrumen yang digunakan dalam penlitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh Peneliti dan dibantu dua observer lain. Observasi dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan 3 kali tindakan. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui quis hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan sebanyak 4 buah soal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada pertemuan sebelum tindakan rata-ratanya 57,38 dan KKM adalah 47,61%, sedangkan rata-rata setelah penerapan adalah 60,47 dan KKM adalah 57,14 pada siklus I, 64,28 dan KKM adalah 76,19% pada siklus II, 67,14 dan KKM adalah 80,95% pada siklus II

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 02:17
Last Modified: 18 Jan 2016 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1269

Actions (login required)

View Item View Item