EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 03 SEPOTONG KECAMATAN SIAK KECIL KABUPATEN BENGKALIS

Mizan Abrory, (2011) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 03 SEPOTONG KECAMATAN SIAK KECIL KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011650.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran Langsung untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMPN 03 Siak Kecil. Penerapan pembelajaran langsung merupakan salah satu cara yang dipandang dapat membantu guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran Langsung menerapkan beberapa langkah dalam pelaksanaan proses belajar yang dapat mengaktifkan siswa, karena pembelajaran ini memberikan berbagai macam cara belajar kepada siswa, seperti membuat latihan mandiri, latihan terbimbing dan juga umpan balik. Penelitian ini merupakan quasi eksprimen yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas dan guru berperan langsung dalam proses pemebelajaran salah satunya yaitu peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan menyamaratakan kemampuan siswa di kelas, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Variabel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Sepotong Kecamatan Siak Kecil yang berjumlah 30 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh peneliti sendiri, dokumentasi dan test. Observasi dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan dengan 6 kali tindakan melalui penerapan pembelajaran Langsung. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah tindakan. Kemudian peneliti memberikan tes, dan data kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa denga penerapan Pembelajaran Langsung dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dari pada pembelajaran Konvensional. Hal ini dapat dilihat dari to = 2,06 to lebih besar dari tt pada taraf signifikan 5% (2.01 < 2.06). Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan antara variabel X dan variabel Y. Adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran langsung dengan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran langsung. Perbedaan mean kedua variabel menunjukkan kelas eksperimen (pembelajaran langsung) lebih baik dari kelas kontrol (konvensional)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 02:15
Last Modified: 18 Jan 2016 02:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1268

Actions (login required)

View Item View Item