Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU

YARNI SARTIKA (2018) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018305PAI.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018305PAI.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018305PAI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018305PAI.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018305PAI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018305PAI.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018305PAI.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018305PAI.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018305PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018305PAI.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018305PAI.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran bahwa hasil belajar siswa berhubungan dengan minat belajar mereka. Jika siswa memiliki minat belajar yang tinggi maka siswa tersebut akan memperoleh hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)Minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis 2)Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis 3)Ada tidaknya hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa sedangkan objek penelitian adalah minat belajar dan hasil belajar Al-Quran Hadis. Populasi adalah seluruh siswa MTs Al-Muttaqin Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 383 orang. Sampel penelitian sebanyak 10% ditarik dari setiap kelas dengan jumlah sampel sebesar 38 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik stratified proportinal random sampling. Pengumpulan data minat belajar dilakukan dengan teknik angket yang disusun mengikuti skala Likert. Sedangkan data hasil belajar AlQuran Hadis dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah pertama, data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Untuk menjawab rumusan masalah kedua, data dianalisis dengan mencari skor rata-rata atau mean dan untuk menjawab rumusan masalah ketiga, data dianalisis secara kuantitatif dengan teknik korelasi product moment. Setelah data disajikan kemudian dianalisis, maka dapat disimpulkan bahwa1)Minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru tergolong tinggi dengan persentase sebesar 72,63%. 2)Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru tergolong lebih dari cukup dengan skor rata-rata 72,41. 3)Ada korelasi yang signifikan antara Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran AlQuran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Berdasarkan perhitungan diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0.696 lebih besar rtabel pada taraf signifikan 5% (0.325) maupun pada taraf signifikan 1% (0.418). Dengan cara lain dapat ditulis dengan 0,325<0,696>0,418. Ini berarti bahwa semakin tinggi minat belajar maka semakin baik hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis. Sebaliknya, semakin rendah minat belajar maka semakin tidak baik pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:30
Last Modified: 08 Apr 2019 01:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12666

Actions (login required)

View Item View Item