KORELASI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MTs. DARUL HIKMAH PEKANBARU

Tumironiah, (2011) KORELASI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MTs. DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011604.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antar dua variabel, yaitu motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa MTs. Darul Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian survey, yaitu penelitian yang hanya memerlukan survey untuk mendapatkan datanya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs. Darul Hikmah Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2010/2011, dimana seluruh siswanya berjumlah 867 siswa dan dalam penelitian ini hanya diambil 15 % dari jumlah populai untuk dijadikan sampelnya yaitu dengan teknik random sampling. Pengambilan data pada penelitian ini dengan dua cara, yaitu dengan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar matematika siswa, yang juga didukung wawancara dengan siswa secara langsung untuk mendapatkan data tentang motivasi belajar. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar matematika siswa dan data- data lain yang dibutuhkan pada penelitian ini, seperti keadaan sekolah, guru, siswa, dan hal-hal lain yang dianggap perlu. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik korelasi serial, yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara dua variabel, dan deskriptif persentase untuk mengetahui keadaan motivasi belajar matematika siswa MTs. Darul Hikmah Pekanbaru. Dari analisis data yang dilakukan maka diperoleh nilai rch = 0,46 yang berarti lebih besar dari harga tt pada taraf sigifikan 5% = 0,174 dan 1% = 0,228. Ini berarti ha diterima dan ho ditolak. Berdasarkan analisa data dapat disimpulkan bahwa apabila motivasi belajar siswa baik maka terdapat kecenderungan hasil belajarnya akan baik pula. Maka disini perlu adanya usaha untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 02:11
Last Modified: 18 Jan 2016 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item View Item