Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN BALOK TERHADAP KECERDASAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL TUNAS CENDIKIA MUSLIM SATU (RA TASKIM 1) KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

R. WARDATHI KHUZAIFAH RISMAN (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN BALOK TERHADAP KECERDASAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL TUNAS CENDIKIA MUSLIM SATU (RA TASKIM 1) KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018294PGMI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018294PGMI.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018294PGMI.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018294PGMI.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018294PGMI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018294PGMI.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018294PGMI.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018294PGMI.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018294PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018294PGMI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018294PGMI.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap kecerdasan kognitif anak yang belum berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukan penerapan metode bermain balok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bermain balok terhadap kecerdasan kognitif anak kelompok B di RA Taskim 1 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak dengan objeknya pengaruh penerapan metode bermain balok terhadap kecerdasan kognitif anak kelompok B. Populasi penelitian ini berjumlah 29 orang anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari dua kelas yaitu B1 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas kontrol dan B2 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang artinya adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver.17. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode bermain balok terhadap kecerdasan kognitif anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung= 46,819 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode bermain balok dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penerapan metode bermain balok sebelum dan sesudah terhadap kecerdasan kognitif anak yang berada pada kelas eksperimen. Pengaruh penerapan metode bermain balok terhadap kecerdasan kognitif anak kelompok B di RA Taskim 1 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru sebesar 88,78%. Kata Kunci: Kecerdasan Kognitif, Bermain Balok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 05 Apr 2019 03:30
Last Modified: 05 Apr 2019 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12644

Actions (login required)

View Item View Item