PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK LINGKARAN KECIL LINGKARAN BESAR (INSIDE-OUTSIDE CIRCLE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IIIB PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDAH THAWALIB BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Alfi Yanti, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK LINGKARAN KECIL LINGKARAN BESAR (INSIDE-OUTSIDE CIRCLE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IIIB PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDAH THAWALIB BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011567.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IIIB Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang Kabupaten Kampar melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar (inside-outside circle) pada pokok bahasan garis singgung lingkaran, adapun rumusan masalahnya adalah “Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar (inside-outside circle) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IIIB Daarun Nahdah Thawalib Bangkinang pada pokok bahasan pesamaan garis singgung lingkaran?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang mana guru dan peneliti berkabolarasi dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIB Pondok Pesantren Daarun Nahdah Thawalib Bangkinang yang berjumlah 36 orang, objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan quiz. Guru memberikan tes diakhir pelajaran, setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan tindakan dengan ketuntasan setiap indikator ≥ 60%, ketuntasan hasil pada aspek kemampuan pemecahan masalah matematika mencapai ≥ 60% secara individu, dan ≥ 65% secara klasikal, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teknik lingkaran kecil lingkaran besar (inside-outside circle) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IIIB Pondok Pesantren Daarun Nahdha Thawalib Bangkinang. Ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yaitu pada pertemuan awal (sebelum tindakan) rata-rata 41,66 sedangkan dengan penerapan pembelajaran teknik lingkaran kecil lingkaran besar (inside-outside circle) rata-rata belajarnya 52,77 % pada siklus I, 63,88% pada siklus II, 83,33% pada siklus III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 02:09
Last Modified: 18 Jan 2016 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1264

Actions (login required)

View Item View Item