PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN INDEX CARD MATCH (ICM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII.2 SMP MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Agussalim Daulay, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN INDEX CARD MATCH (ICM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII.2 SMP MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011565.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan strategi pembelajaran permainan Index card Match (ICM) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII.2 SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada Kompetensi Dasar Segiempat. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Permainan Index card Match (ICM) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII.2 SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru?” Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.2 SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru yang berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh peneliti sendiri, dokumentasi, dan tes. Observasi dilakukan setiap kali pertemuan. Siklus I dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Siklus II dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus III 2 kali pertemuan. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah peserta didik yang mencapai nilai KKM yaitu ≥70% ketuntasan secara individual 75% ketuntasan klasikal dan 60% persentase ketuntasan secara klasikal tiap indikator. Data tentang hasil belajar peserta didik diperoleh melalui lembar hasil belajar matematika peserta didik sebelum dan sesudah tindakan. Kemudian peneliti melakukan tes dan data selanjutnya dianalisis. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh peserta didik sebelum tindakan hasilnya hanya 51.35% dari jumlah seluruh peserta didik atau 19 orang peserta didik yang mencapai KKM yang ditetapkan. Pada siklus I ketuntasan belajar matematika peserta didik meningkat dan diperoleh hasil 67,56% dari jumlah seluruh peserta didik atau 25 orang peserta didik yang mencapai KKM. Kemudian pada siklus II ketuntasan hasil belajar matematika peserta didik yaitu 75.67% dari jumlah seluruh peserta didik atau 28 orang peserta didik yang mencapai KKM. Oleh karena itu, maka dilanjutkan ke siklus III, dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan ketuntasan kemampuan pemecahan matematika peserta didik yaitu 83.78 % dan ketuntasan secara klasikal tiap indikator sudah mencapai persentasi ketuntasan ≥ 60%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Permainan Index card Match (ICM) dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII.2 SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada sebelum dan sesudah tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 02:08
Last Modified: 18 Jan 2016 02:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item View Item