Rohimah (2011) PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMPN 5 RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011558.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu melalui penerapan strategi PBL. Dalam Penelitian ini rumusan masalah “Bagaimana Penerapan strategi Problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu pada pokok bahasan Lingkaran Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 21 siswa dan objeknya adalah kemamuan pemecahan maslaah dengan strategi pembelajaran PBL. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes sosal-soal matematika yang berbentuk pemecahan masalah. Peneliti memberikan tes diakhir pembelajaran, setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum tindakan dan setelah menggunakan tindakan, penelitian memberikan skor untuk setiap soal sesuai dengan indikator pemecahan masalah, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperooleh siswa sebelum tindakan dengan ketuntasan klasikal 52.4%, sedangkan ketuntasan klasikal setelah tindakan pada setiap siklus yaitu: 1,2, dan 3 adalah 61.9%, 76.2%, dan 85.7%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada aspek pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu setelah tindakan. Dari analisis ketuntasan secara individual dari 21 siswa, diperoleh 18 siswa tuntas dan 3 siswa yang belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secar aklasikal adalah 85.7%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 18 Jan 2016 02:06 |
Last Modified: | 18 Jan 2016 02:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1262 |
Actions (login required)
View Item |