Ema Nurma Dhani (2011) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PERMAINAN KEPALA BERNOMOR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA HAYATI DUMAI KECAMATAN DUMAI BARAT KOTA DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011556.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas penggunaan model permainan kepala bernomor terhadap motivasi belajar matematika dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang cukup signifikan antara motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model permainan kepala bernomor dengan motivasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Hayati Dumai Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai. Sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Hayati Dumai Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas VIII yang berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Untuk mendapatkan data di lapangan, penulis menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas penggunaan model permainan kepala bernomor terhadap motivasi belajar matematika, penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yang dapat disimpulkan bahwa efektifitas penggunaan model permainan kepala bernomor terhadap motivasi belajar matematika dikategorikan “Kuat” dengan persentase 80,267%. Sedangkan teknik analisis data untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang cukup signifikan antara motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model permainan kepala bernomor dengan motivasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, penulis menggunakan test “t”, yang dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang cukup signifikan antara motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model permainan kepala bernomor dengan motivasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 18 Jan 2016 02:05 |
Last Modified: | 18 Jan 2016 02:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1261 |
Actions (login required)
View Item |