PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS DARUL HIKMAH PEKANBARU

Hayatun Nupus, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011554.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru pada pokok bahasan Garis Singgung Lingkaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru pada pokok bahasan Garis Singgung Lingkaran? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu pendidik berperan langsung dalam proses pembelajaran. Peneliti berkolaborasi dengan pendidik dalam mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran mulai dari RPP, Lembar Ahli, dan tahap refleksi proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA2 MTs Darul Hikmah Pekanbaru Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 33 orang dan objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 4 kali yaitu satu kali pertemuan tanpa tindakan dan 3 pertemuan dengan tindakan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas belajar matematika siswa, maka data tersebut dianalisis dengan memperhatikan indikator aktivitas belajar siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan dengan menggunakan Teknik Persentase. Dari hasil tersebut, dapat diketahui apakah terjadi peningkatan aktivitas atau tidak dari setiap siklus yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis data observasi, pada pratindakan, siklus I, siklus II dan Siklus III berturut-turut diperoleh (0% ; 0,6% ; 45,4% ; 84,8%) siswa yang mencapai ≥70,5%. Masing-masing indikator pada pratindakan dan siklus III berturut-turut diperoleh indikator 1 = (71% ; 81,8%), indikator 2 = (33,3% ; 78,8%), indikator 3 = (32,7% ; 81,8%), indikator 4 = (37,5% ; 83,6%), indikator 5 = (37,5% ; 80%), indikator 6 = (35,2% ; 79,2%), indikator 7 = (35,2% ; 75,5%), indikator 8 = (34,5% ; 87,4%). Sehingga dapat disimpulkan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah setiap siklusnya pada pokok bahasan Garis Singgung Lingkaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 02:04
Last Modified: 18 Jan 2016 02:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item View Item