PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIIB MTs MUHAMMADIYAH KECAMATAN PUJUD KABUPATEN ROKAN HILIR

Sriyati, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIIB MTs MUHAMMADIYAH KECAMATAN PUJUD KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011549.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIB MTs Muhammadiyah Kabupaten Rokan Hilir melalui penerapan strategi FIRE-UP. Dalam penelitian ini rumusan masalah “ Bagaimana penerapan strategi pembelajaran FIRE-UP dapat meningkatkan kemamapuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIB MTs Muhammadiyah Kabupaten Rokan Hilir pada pokok bahasan garis dan sudut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB MTs Muhammadiyah Kabupaten Rokan Hilir yang berjumlah 21 siswa dan objeknya adalah kemampuan pemecahan masalah dengan strategi pembelajaran FIRE-UP. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes soal-soal matematika yang berbentuk pemecahan masalah. Peneliti memberikan tes diakhir pembelajaran, setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum tindakan dan setelah menggunakan tindakan, penelitian memberikan skor untuk setiap soal sesuai dengan indikator pemecahan masalah, kemudian menganalisis data. Teknnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan dengan ketuntasan klasikal 52%, sedangkan ketuntasan klasikal setelah tindakan pada setiap siklus yaitu: 1,2,dan 3 adalah 61.9%, 76.1%, dan 85.7% Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran FIRE-UP dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada aspek pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas VIIB MTs Muhammadiyah Kabupaten Rokan Hilir setelah tindakan. Dari analisis ketuntasan secara individual dari 21 siswa, diperoleh 18 siswa tuntas dan 3 siswa yang belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal adalah 85.7%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 01:52
Last Modified: 18 Jan 2016 01:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1259

Actions (login required)

View Item View Item