PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MUALIMIN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Nuzul Amri, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MUALIMIN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011544.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII.B MTs Mualimin Bangkinang melalui penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural Think-Pair-Share. Adapun rumusan masalahnya adalah” Bagaimana Penerapan Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas VII MTs Mualimin Bangkinang Kabupaten Kampar Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Think- Pair-Share pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut ?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswi kelas VII.B MTs Mualimin Bangkinang Kabupaten Kampar berjumlah 27 dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa dan penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural Think-Pair-Share. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan tindakan, hasil tes tersebut diberi skor berdasarkan indikator pemahaman konsep dan dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Adapun analisis skor ketuntasan yang diperoleh pada pra tindakan secara klasikal adalah 45,83%, sedangkan skor ketuntasan pada siklus I adalah 64% dan siklus II adalah 76%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan Garis dan Sudut melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Think-Pair-Share.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 01:51
Last Modified: 18 Jan 2016 01:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item View Item