PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII B SMPN 5 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Devi Elpianti, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII B SMPN 5 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011541.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII b SMPN 5 Tambang. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan mengunakan tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu cara yang dipandang dapat membantu guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) akan mengaktifkan siswa dalam menelaah materi, karena pembelajaran ini memberikan berbagai macam cara belajar kepada siswa, seperti membagi siswa kedalam kelompok dan pemberian nomor, pengajuan pertanyaan dalam lembar kerja siswa, membimbing siswa dalam diskusi pada tahapan berfikir bersama dan pemanggilan nomor tertentu dalam menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya yaitu peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII b SMPN 5 Tambang yang berjumlah 20 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh peneliti sendiri, dokumentasi dan test. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan 3 kali tindakan melalui penerapan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah tindakan. Kemudian peneliti memberikan tes, dan data kemudian dianalisis. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa yang mencapai KKM sebelum tindakan, diperoleh hasilnya secara klasikal rata-rata 15. sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: siklus I 45, siklus II 60, dan siklus III 75. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII b SMPN 5 Tambang. Ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas VII b setelah tindakan. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan secara individual dari 20 siswa, diperoleh 15 siswa tuntas dan 5 siswa yang tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal adalah 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 01:49
Last Modified: 18 Jan 2016 01:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1257

Actions (login required)

View Item View Item