DALALAH JUMLAH ISMIYYAH MENURUT PERSPEKTIF ILMU BALAGHAH PADA SURAH AT-TAUBAH DAN METODE PEMBELAJARANNYA

ZUBAIDAH PULUNGAN, (2018) DALALAH JUMLAH ISMIYYAH MENURUT PERSPEKTIF ILMU BALAGHAH PADA SURAH AT-TAUBAH DAN METODE PEMBELAJARANNYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018210PBA.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018210PBA.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ASBTRAK_2018210PBA.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018210PBA.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018210PBA.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018210PBA.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018210PBA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018210PBA.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018210PBA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018210PBA.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018210PBA.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah petunjuk otentik yang diberikan Sang Pencipta untuk kemashlahatan ciptaanNya (baca: manusia). Ia diturunkan dengan berbahasa Arab dan memiliki uslub-uslub yang mengandung mukjizat dan susunan kata yang indah melebihi uslub-uslub Bahasa Arab yang ada dewasa ini. Untuk memahami Al-Qur’an dibutuhkan penguasaan ilmu-ilmu bahasa Arab khususnya ilmu Balaghah, dan diantaranya kalam khabari jumlah ismiyyah. Oleh sebabitu, peneliti tertarik melakukan penelitian denganjudul “dalalah jumlah ismiyyah menurut perspektif ilmu balaghah pada surah At-taubah dan metode pembelajarannya”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja dalalah penggunaan kalam khabari dengan jumlah ismiyyah dalam Al-Qur’an khususnya surah At-taubah serta apa metode yang tepat untuk mengajarkannya. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dalalah kalam khabari jumlah ismiyyah dari aspek balaghah dan metode yang tepat untuk mengajarkannya. Adapun objek penelitian ini adalah ayat-ayat al-quran yang menggunakan jumlah ismiyyah, Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data, terdiri dari sumber primer dan sumber skunder yang berhubungan dengan objek penelitian. Metode dalam mengumpulkan data menggunakan bahsun maktabiyyun, dengan metode observasi serta membac buku-buku yang berkaitan dengan judul. Sedangkan metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi kitab (Content Analisis) dengan menggunakan tabel. Setelah peneliti melaksanakan penelitian terhadap Al-Qur’an dan buku metodologi pengajaran bahasa Arab, maka diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Ayat- ayat yang menggunakan jumlah ismiyyah pada surah At-Taubah berjumlah 121 ayat dari jumlah ini peneliti mengambil sampel 25 ayat yang dianalisis 2. Adapun dalalah jumlah ismiyyah pada surah At-Taubah bermacammacam: Itsbat berjumlah 19 ayat dari 25 ayat yang diambil menjadi sampel penelitian, dawam 1 ayat, dan Itsbat dengan tajaddud atau istimror berjumlah 5 ayat Data ini menunjukkan bahwa jumlah ayat pada surah At-Taubah yang menggunakan jumlah ismiyyah lebih banyak dari jumlah fi’liyyah menunjukkan bahwa kebanyakan ayat mengisbatkan satu sifat kepada sesuatu bukan menceritakan terjadinya sebuah peristiwa pada waktu tertentu. 3. Metode pembelajaran yang sesuai untuk jumlah ismiyyah kalam khobari adalah metode Al-Istiqroiyyah. Kata Kunci : Dalalah Jumlah Ismiyah, Surah At-Taubah, Metode Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 28 Mar 2019 05:33
Last Modified: 28 Mar 2019 05:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12482

Actions (login required)

View Item View Item