Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DANAU BINGKUANG

SITI NURJANNAH (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DANAU BINGKUANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018186PAI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018186PAI.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018186PAI.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018186PAI.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018186PAI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018186PAI.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018186PAI.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018186PAI.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018186PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018186PAI.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018186PAI.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar Fiqih antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dengan siswa yang menggunakan strategi ekspositori. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada atau tidak perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan siswa yang menggunakan strategi ekspositori?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimendengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 71 orang dan sampel penelitian ini adalah kelas VII.B yang bejumlah 23 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII.A yang berjumlah 24 orang (sebagai kelas kontrol). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data dokumentasi, lembar observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu satu kali pertemuan untuk pretes, empat kali pertemuan dilaksanakan pembelajaran dengan kooperatif Team Assisted Individualization, dan satu pertemuan lagi untuk melaksanakan post tes, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, uji varian untuk menguji homogenitas data, kemudian digunakan rumus t-test untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa dari dua variabel X dan Y. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh nilai thitung sebesar 3,049 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel sebesar 2,02 berarti thitung lebih besar dari padat tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% atau 2,02<3,04>2,69 ini berarti H0 ditolak Ha diterima. Dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dengan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dalam pembelajaran Fiqih. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dengan hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 27 Mar 2019 08:12
Last Modified: 27 Mar 2019 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12459

Actions (login required)

View Item View Item