KORELASI ANTARA AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DINIYAH PUTERI PEKANBARU

POPY SRI MONALISA, (2018) KORELASI ANTARA AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DINIYAH PUTERI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018183PAI.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018183PAI.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018183PAI.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018183PAI.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018183PAI.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018183PAI.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018183PAI.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018183PAI.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018183PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018183PAI.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN_2018183PAI.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Aktivitas belajar siswa sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Masalah pokok dalam penelitian ini mengenai korelasi antara aktivitas belajar siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Diniyah Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi aktivitas belajar dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Diniyah Puteri Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Diniyah Puteri Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah Korelasi Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Diniyah Puteri Pekanbaru. Adapun penelitian ini disebut penelitian populasi karena jumlah keseluruhan siswa 71 orang dan dalam penelitian ini hanya diteliti kelas X dan XI yang berjumlah 48 orang dengan pertimbangan bahwa kelas XII akan melaksanakan Ujian Nasional . Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Diniyah Puteri Pekanbaru berada pada kategori “ Cukup baik”, dengan skor 55, 56 dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Diniyah Puteri Pekanbaru berada pada kategori “Baik” dengan skor 66, 67. Dan terdapat hubungan yang signifikan, dengan perolehan indeks korelasi 0, 377 pada taraf signifikan 5% = 0,273 maupun pada taraf signifikan 1 % = 0,354. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,273<0,377>0,354. Dengan demikian H0 ditolak Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 27 Mar 2019 08:04
Last Modified: 27 Mar 2019 08:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12456

Actions (login required)

View Item View Item