SESWIRA YUNITA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER-2018135PMT.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN-2018135PMT.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK-2018135PMT.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN-2018135PMT.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI-2018135PMT.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I-2018135PMT.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II-2018135PMT.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III-2018135PMT.pdf Download (742kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV-2018135PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
||
|
Text
10. BAB V-2018135PMT.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA-2018135PMT.pdf Download (338kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Two Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP IT Al-Ihsan Boarding School Siak Hulu Kampar. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, tepilih kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran model group investigation (GI), dan VIII 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran langsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dan anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran langsung. Hasil dari perhitungan uji-t diperoleh thitung = 3,9 > ttabel = 2,01 pada taraf signifikan 5%. (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil perhitungan uji ANOVA diperoleh bahwa Fhitung = 2,86 < Ftabel = 3,19 pada taraf signifikan 5%. Kata kunci : Group Investigation, Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 07:00 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 07:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12397 |
Actions (login required)
View Item |