UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MENGATASI MASALAH HUBUNGAN SOSIAL SISWA INTROVERT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SINGINGI

LUCI NELTARI, (2018) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MENGATASI MASALAH HUBUNGAN SOSIAL SISWA INTROVERT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER-2018134KI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGHARGAAN-2018134KI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK-2018134KI.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGESAHAN-2018134KI.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI-2018134KI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I-2018134KI.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II-2018134KI.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III-2018134KI.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV-2018134KI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V-2018134KI.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA-2018134KI.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa guru Bimbingan Konseling di SMP Negeri 1 Singingi telah melaksanakan program Bimbingan Konseling. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya masih ditemukan adanya masalah hubungan sosial siswa introvert. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) upaya guru Bimbingan Konseling mengatasi masalah hubungan sosial siswa introvert di SMP Negeri 1 Singingi, (2) faktor yang mempengaruhi upaya guru Bimbingan Konseling mengatasi masalah hubungan sosial siswa introvert di SMP Negeri 1 Singingi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan utama penelitian adalah 2 orang guru Bimbingan Konseling dan informan pendukungnya adalah 2 orang siswa introvert. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data wawancara dianalisa dengan cara naratif. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi masalah hubungan sosial siswa introvert adalah :(1) Melakukan pendekatan atau mengidentifikasi siswa, (2) Melakukan diagnosis kepada siswa, (3) Menetapkan latar belakang masalah siswa, (4) Memberikan layanan konseling, khususnya konseling individual kepada siswa introvert yang mengalami masalah hubungan sosial (5) Memberikan arahan kepada siswa bahwa pentingnya hubungan sosial, (6) Memberikan arahan tentang manfaat dan tujuan melakukan hubungan sosial, (7) Memberikan pandangan positif terhadap diri siswa, (8) Memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa, (9) Mengevaluasi dan mentindak lanjuti hasil layanan. Temuan peneliti mengenai faktor yang mempengaruhi upaya guru Bimbingan Konseling mengatasi masalah hubungan sosial siswa introvert di SMP Negeri 1 Singingi adalah : (1) Kerja sama yang dilakukan guru Bimbingan konseling seperti: Kerja sama dengan keluarga atau orang tua siswa, kerja sama dengan teman siswa, kerja sama dengan wali kelas dan guru mata pelajara, (2) Waktu dan fasilitas yang tersedia disekolah ini sangat minim dan seadanya. Oleh karena itu perlu adanya perhatian dari pihak sekolah untuk mendukung pelayanan Bimbingan Konseling agar terlaksana secara maksimal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 25 Mar 2019 06:57
Last Modified: 25 Mar 2019 06:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12396

Actions (login required)

View Item View Item