HUBUNGAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH GERBANGSARI BASERAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

LASTRI WAHYUNI, (2018) HUBUNGAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH GERBANGSARI BASERAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER-2018133PIPS-E.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN-2018133PIPS-E.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK-2018133PIPS-E.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN-2018133PIPS-E.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI-2018133PIPS-E.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I-2018133PIPS-E.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II-2018133PIPS-E.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III-2018133PIPS-E.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV-2018133PIPS-E.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V-2018133PIPS-E.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA-2018133PIPS-E.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dengan gejala-gejala yaitu masih terdapatnya siswa mengalami kejenuhan belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi yang mana guru telah menerapkan metode pembelajaran ekspositori. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui hubungan antara penggunaan metode pembelajaran ekspositori dengan kejenuhan belajar pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Gerbangsari Baserah Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan sampel yang diambil adalah siswa kelas dengan objek penelitian yaitu hubungan penggunaan metode pembelajaran ekspositori dengan kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya adalah guru dan seluruh siswa di kelas XI dengan teknik pengambil sampel total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 46 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product momentbantuan program SPSS 21. 0 For Windows.Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwaada hubungan yang signifikan antara penggunaan metode ekspositori dengan kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di MA Gerbangsari Baserah dengan nilai r hitung (koefisien korelasi) bernilai negatif nilai -0,632yang berarti r hitung > r tabel (0,456<0,616>0,575). Koefisen korelasi tersebut pada interval koefisien 0,60 – 0,799, yang berarti bahwa semakin tinggi penggunaan metode ekspositori maka kejenuhan belajar siswa juga akan semakin rendah, dan sebaliknya semakin rendah penggunaan metode ekspositori maka kejenuhan belajar siswa juga akan semakin tinggi pula. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Ekspositori, Kejenuhan Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 25 Mar 2019 06:53
Last Modified: 25 Mar 2019 06:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12395

Actions (login required)

View Item View Item