LASTRI WAHYUNI (2018) HUBUNGAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH GERBANGSARI BASERAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER-2018133PIPS-E.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN-2018133PIPS-E.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK-2018133PIPS-E.pdf Download (780kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN-2018133PIPS-E.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI-2018133PIPS-E.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I-2018133PIPS-E.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II-2018133PIPS-E.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III-2018133PIPS-E.pdf Download (572kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV-2018133PIPS-E.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) |
||
|
Text
10. BAB V-2018133PIPS-E.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA-2018133PIPS-E.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dengan gejala-gejala yaitu masih terdapatnya siswa mengalami kejenuhan belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi yang mana guru telah menerapkan metode pembelajaran ekspositori. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui hubungan antara penggunaan metode pembelajaran ekspositori dengan kejenuhan belajar pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Gerbangsari Baserah Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan sampel yang diambil adalah siswa kelas dengan objek penelitian yaitu hubungan penggunaan metode pembelajaran ekspositori dengan kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya adalah guru dan seluruh siswa di kelas XI dengan teknik pengambil sampel total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 46 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product momentbantuan program SPSS 21. 0 For Windows.Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwaada hubungan yang signifikan antara penggunaan metode ekspositori dengan kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di MA Gerbangsari Baserah dengan nilai r hitung (koefisien korelasi) bernilai negatif nilai -0,632yang berarti r hitung > r tabel (0,456<0,616>0,575). Koefisen korelasi tersebut pada interval koefisien 0,60 – 0,799, yang berarti bahwa semakin tinggi penggunaan metode ekspositori maka kejenuhan belajar siswa juga akan semakin rendah, dan sebaliknya semakin rendah penggunaan metode ekspositori maka kejenuhan belajar siswa juga akan semakin tinggi pula. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Ekspositori, Kejenuhan Belajar, Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 06:53 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 06:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12395 |
Actions (login required)
View Item |