PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH AL-MUNAWWARAH PEKANBARU

VANESSA KUSDIANDINI, (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH AL-MUNAWWARAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER-2018128PIPS-E.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN-2018128PIPS-E.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK-2018128PIPS-E.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN-2018128PIPS-E.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI-2018128PIPS-E.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I-2018128PIPS-E.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II-2018128PIPS-E.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III-2018128PIPS-E.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV-2018128PIPS-E.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V-2018128PIPS-E.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA-2018128PIPS-E.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode ex post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode diskusi kelompok terhadap kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Kelompok terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah Pekanbaru. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial yang berjumlah 53 orang. Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya di analisis menggunakan program SPSS (Statistica Program Society Science) Versi 23.0 dengan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan dimasukkan kedalam rumus Product Moment. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode diskusi kelompok terhadap kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah AlMunawwarah Pekanbaru, hal ini dikarenakan rh= 0,534 lebih besar dari rt pada taraf signifikan 5% maupun 1% maka 0,279<0,534>0,361. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Penggunaan Metode Diskusi Kelompok, Kecerdasan Interpersonal Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 25 Mar 2019 06:21
Last Modified: 25 Mar 2019 06:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12390

Actions (login required)

View Item View Item