PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DESA SAWAH

SYARIFA HAZARINA, (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DESA SAWAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018120PMT.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018120PMT.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018120PMT.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018120PMT.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018120PMT.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018120PMT.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018120PMT.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018120PMT.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018120PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018120PMT.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018120PMT.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan tutor sebaya dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa Madradah Tsanawiyah Desa Sawah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Teknis analisis data yang digunakan peneliti yaitu tes”t” dan ANOVA dua arah (two factorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal untuk mengukur kemampuan awal siswa dan tes uraian untuk mengukur pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan tutor sebaya dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. (2) Tidak terdapat pengaruh interaksi pendekatan tutor sebaya yang ditinjau dari kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan tutor sebaya berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal matematika pada siswa Madrasah Tsanawiyah Desa Sawah. Kata kunci : Pendekatan Tutor Sebaya, Pemahaman Konsep Matematika, Kemampuan Awal Matematika Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 28 Mar 2019 04:27
Last Modified: 28 Mar 2019 04:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12382

Actions (login required)

View Item View Item