PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR

IDCY MAYDAYANI, (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018115PMT.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018115PMT.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018115PMT.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018115PMT.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018115PMT.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018115PMT.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018115PMT.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018115PMT.pdf

Download (684kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018115PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018115PMT.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018115PMT.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan belum dilaksanakannya model pembelajaran Problem Based Learning di SMP Negeri 1 Tambang. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yang ditinjau dari kemampuan awal siswa. Yang mana menyelidiki dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 dan VII.3 SMP Negeri 1 Tambang dan objek penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan mengukur kemampuan awal siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa:(1) Terdapat perbedaan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.(2)Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal siswa. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal terhadap pemecahan masalah matematika siswa. Oleh sebab itu, secara umummodel pembelajaran Problem Based Learningberpengaruh terhadap pemecahan masalah matematika yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal pada siswa SMP Negeri 1 Tambang. Hasilnya diperoleh bahwa pada taraf signifikan 0,05 nilaithitung≥7,69 makaHa diterima dan H0 ditolak. Kata kunci : Model PembelajaranProblem Based Learning, Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Awal siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 25 Mar 2019 04:21
Last Modified: 25 Mar 2019 04:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12377

Actions (login required)

View Item View Item