PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN STRUCTURE EXERCISE METHOD (SEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM

FREDI SANTOSO, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN STRUCTURE EXERCISE METHOD (SEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018104PK.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018104PK.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018104PK.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018104PK.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018104PK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018104PK.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018104PK.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018104PK.pdf

Download (664kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018104PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018104PK.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018104PK.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Structure Exercise Method (SEM) terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu X MIPA 1 (kelas kontrol) dan X MIPA 3 (kelas eksperimen). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan post-test, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis data awal dan akhir diperoleh nilai thitung = 2,22 dan ttabel = 1,994 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Structure Exercise Method (SEM) terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom kelas X SMA Negeri 5 Pekanbaru, dengan pengaruh sebesar 6,6%. Kata Kunci : Team Assisted Individualization, Structure Exercise Method, Hasil belajar, Struktur Atom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 25 Mar 2019 01:09
Last Modified: 25 Mar 2019 01:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12363

Actions (login required)

View Item View Item