PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN MODEL RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR

SITI AMINAH. A, (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN MODEL RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201896PMT.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201896PMT.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201896PMT.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_201896PMT.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201896PMT.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201896PMT.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201896PMT.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201896PMT.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201896PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201896PMT.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201896PMT.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih lemahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, sehingga perlu dikembangkan bahan ajar untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika dengan model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Kampar. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli teknologi pendidikan media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta 6 siswa untuk uji kelompok kecil dan 30 siswa untuk uji kelompok terbatas. Sedangkanobjek penelitian adalah LKS matematika denganmodelRelating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS matematika denganmodel Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT)dinyatakan kategorisangatvalid dengan persentase tingkat kevalidan 85,37%.Berdasarkan uji praktikalitas,LKS matematika denganmodel Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk kelompok kecildinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 82,13%,untuk kelompok terbatas dinyatakan kategori sangat praktis dengan presentasetingkat kepraktisan86,37%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa LKS yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, LKS matematika dengan model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) sudah memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 78,20% dinyatakan kategori sedang. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 22 Mar 2019 08:58
Last Modified: 22 Mar 2019 08:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12344

Actions (login required)

View Item View Item