LESTARI NINGSIH (2018) PENGARUH PENERAPAN STAREGI PEMBELAJARAN AKTIF SNOW BALLING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201894PMT.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201894PMT.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201894PMT.pdf Download (716kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_201894PMT.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201894PMT.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201894PMT.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201894PMT.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201894PMT.pdf Download (662kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201894PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
||
|
Text
10. BAB V_201894PMT.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201894PMT.pdf Download (306kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif snow balling terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan interaksi strategi pembelajaran aktif snow balling terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa Madrasah Tsanawiyah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Diniyah Puteri Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-B sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-C sebagai kelas control yang berjumlah 27 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t, pearson product moment dan anova dua arah (two factorial design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran aktif snow balling terhadap kemampuan berpikir kritis. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung = 2,7313 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Maka nilai thitung ≥ ttabel. Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasilnya diperoleh thitung ≤ ttabel pada taraf signifikan 5% yakni −0,1564 ≤ 2,00. Tidak adanya kontribusi yang di berikan kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen yakni 0,53 % dan sisanya 99,47 % di tentukan oleh faktor lain. Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dengan demikian secara umum pembelajaran aktif snow balling berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa MTs Diniyah Puteri Pekanbaru yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal matematis. Kata kunci : Snow Balling, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kemampuan Awal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 08:46 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 08:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12342 |
Actions (login required)
View Item |