MISRAYANTI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201893PMT.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201893PMT.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201893PMT.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_201893PMT.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201893PMT.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201893PMT.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201893PMT.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201893PMT.pdf Download (624kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201893PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_201893PMT.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201893PMT.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Group Investigation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Group Investigation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal matematis, ada tidaknya pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal matematis siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Group Investigation, kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran langsung yang berjumlah 31 dan 25 orang siswa setiap masing-masing kelas. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan interpretasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two factorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah perlakuan diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Group Investigation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Group Investigation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal matematis, tidak terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal matematis siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci : Model pembelajaran group investigation, kemampuan awal matematis siswa, kemampuan pemahaman konsep matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 08:44 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 08:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12341 |
Actions (login required)
View Item |