PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GO TO YUOR POST UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MATERI MASALAH SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 028 RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Yusnita Afni, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GO TO YUOR POST UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MATERI MASALAH SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 028 RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013221PGMI-.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi masalah social melalui penerapan strategi pembelajaran go to your post. Dimana hasil belajar IPS siswa tergolong rendah / belum mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Adapun KKM yang ditetapkan di SDN 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar adalah 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan murid kelas IV SD Negeri 028 Rimbo Panjang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Penerapan strategi pembelajaran Go to yuor post dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan social. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pada data awal sebelum dilakukan tindakan diketahui bahwa tingkat hasil belajar siswa pada materi masalah sosial siswa kelas IV SDN 028 Rimbo Panjang berada pada klasifikasi persentase rata-rata 60% “Tinggi”. Pada siklus I menunjukkan tingkat hasil belajar siswa mencapai persentase rata-rata 71%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan mencapai hasil belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 74%. Dengan demikian Strategi Pembelajaran Go to yuor post dapat dilaksanakan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Masalah Sosial. Artinya apabila diterapkan Strategi Pembelajaran Go to yuor post dalam proses pembelajaran yang diajarkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 23 Dec 2015 03:03
Last Modified: 23 Dec 2015 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item