PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL GENERATIVE LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

AZHARI PARLINDUNGAN SIREGAR, (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL GENERATIVE LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201877PMT.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201877PMT.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAKS_201877PMT.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_201877PMT.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201877PMT.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201877PMT.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201877PMT.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201877PMT.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201877PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201877PMT.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201877PMT.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa, padahal kemampuan komunikasi matematis ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa, karena dengan memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik akan meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS )dalam pembelajaran matematika yang valid dan praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Persamaan Linear Dua Variabel. Pengembangan bahan ajar berupa LKS mengikuti model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Siak Hulu di Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMP Negeri 1 Siak Hulu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-J sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS berbasis Model Generative Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (90,63% ) dan sangat praktis (94,73% untuk kelompok kecil dan 88,66% untuk kelompok besar ). Sedangkan nilai sebesar 5,53 dan nilai pada taraf signifikan 5% sebesar 1,99 maka > atau 5,53 > 1,99, sehingga ℎ diterima dan ℎ ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis berbasis Model Generative Learning ini telah valid, praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: LKS, Model Generative Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:34
Last Modified: 22 Mar 2019 02:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12287

Actions (login required)

View Item View Item