PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR

RIZA FAUZIAH, (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201874PMT.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201874PMT.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201874PMT.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_201874PMT.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201874PMT.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201874PMT.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201874PMT.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201874PMT.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201874PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201874PMT.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201874PMT.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya LKS berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dan rendahnya kemampuan Penalaran matematis siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa berbasis REACT yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis REACT. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan menggunakan model 4D (Define, Design , Develop, Disseminate). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Subjek penelitian adalah para ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan yang berasal dari dosen dan guru, serta 6 siswa untuk uji kelompok kecil dan 29 siswa untuk uji kelompok besar. Objek penelitian ini adalah lembar kerja siswa berbasis REACT. Pengambilan data dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi, angket uji praktikalitas dan post-test oleh siswa. Angket uji validitas bertujuan untuk mengetahui validitas LKS, angket uji praktikalitas bertujuan untuk mengetahui praktikalitas LKS dan post-test bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa setelah menggunakan LKS. Hasil penelitian melalui instrumen angket menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (84,75%) dan sangat praktis (78,81% untuk kelompok kecil dan 86,03% untuk kelompok besar). Data tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan layak diujicobakan tanpa memerlukan revisi, namun mengikuti saran perbaikan dari para ahli dan siswa. Sedangkan kemampuan penalaran matematika siswa setelah menggunakan LKS, mendapat predikat Tinggi (88,9%). Hal tersebut menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis REACT ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa, REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring), Kemampuan Penalaran Matematis Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:23
Last Modified: 22 Mar 2019 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12282

Actions (login required)

View Item View Item