PENGEMBANGAN BUKU KARTUN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

HADDE SYUKRIYA, (2018) PENGEMBANGAN BUKU KARTUN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201872PMT.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201872PMT.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201872PMT.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_201872PMT.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201872PMT.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201872PMT.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201872PMT.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201872PMT.pdf

Download (684kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201872PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201872PMT.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201872PMT.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan buku kartun matematika berbasis kontekstual yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Setia Dharma Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 untuk kelompok kecil dan siswa kelas VII-2 untuk kelompok terbatas. Objek penelitian ini adalah buku kartun matematika berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas untuk mengetahui tingkat kevalidan produk, angket uji praktikalitas untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk serta data hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan buku kartun matematika berbasis kontekstual. Data diperoleh melalui proses validasi oleh validator, proses praktikalitas oleh siswa, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Buku kartun matematika hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidan 87,84% (sangat valid), tingkat kepraktisan 83,67% (sangat praktis) pada kelompok kecil dan 87% (sangat praktis) pada kelompok besar serta tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa 89.07% (sangat baik). Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa buku kartun matatematika yang dikembangkan telah valid, praktis, dan mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Buku Kartun Matematika, Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:17
Last Modified: 22 Mar 2019 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12280

Actions (login required)

View Item View Item