SIEL (2018) PENERAPAN METODE PERMAINAN HITUNG MUNDUR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 PULAU PANJANG HULU KECAMATAN INUMAN KABUPATEN KUANSING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201866PGMI.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201866PGMI.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201866PGMI.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_201866PGMI.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201866PGMI.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201866PGMI.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201866PGMI.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201866PGMI.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201866PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_201866PGMI.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201866PGMI.pdf Download (405kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui metode permainan hitung mundur di Kelas V SDN 009 Pulau Panjang Hulu Kecamatan Inuman Kabupaten Kuansing. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya, siswa tidak serius dalam mengikuti pelajaran, siswa sering kali berbicara dan bermain di dalam kelas dengan teman sebangkunya waktu pembelajran berlangsung dan siswa cenderung diam bila guru menanyakan tentang materi yang belum dipahami serta ada siswa yang tidak memperhatikan pertanyaan yang ditanyakan guru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode permainan hitung mundur dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa metode permainan hitung mundur dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya mencapai 45%. Kemudian setelah menerapkan metode permainan hitung mundur pada siklus I yaitu 58,75%. Pada siklus II yaitu 83,125%. Dengan demikian bahwa metode permainan hitung mundur dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Metode Permainan Hitung Mundur
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 01:58 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 01:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12274 |
Actions (login required)
View Item |